Frame - Jenis Frames Motor

Frame - Jenis Frames Motor

Jika Anda akan membangun sebuah sepeda motor frame menentukan tampilan dasar sepeda. Tentu saja frame sepeda motor tidak hanya mempengaruhi penampilan sepeda tetapi penanganan dan keselamatan dari mesin selesai.

Bingkai adalah kerangka dasar yang komponen lainnya yang terpasang. Mereka memegang tank dan mesin sepeda motor dan memberikan dukungan kepada seluruh sepeda. Kebanyakan frame terbuat dari baja atau aluminium tetapi ada juga pilihan lain seperti serat karbon.

Frame sepeda motor umumnya jatuh ke dalam salah satu dari beberapa kategori.

Cradle tunggal Ini adalah yang paling sederhana dari frame sepeda motor desain yang harks kembali ke beberapa sepeda motor paling awal yang pernah dibuat. Memiliki tabung tunggal yang besar untuk tulang belakang dan tabung kecil yang dudukan mesin. Hal ini umumnya digunakan pada sepeda off-road. Variasi adalah cradle tunggal perpecahan yang merupakan cradle tunggal yang terbagi menjadi dua membuai di bagian belakang untuk knalpot.

Cradle ganda Sebuah evolusi dari cradle tunggal menggunakan dua membuai di kedua sisi untuk menahan mesin. Ini yang biasa digunakan pada sepeda jalan sederhana dan beberapa sepeda kustom tetapi sebagian besar telah digantikan oleh frame perimeter.

Backbone Ini adalah frame khusus yang digunakan jarang. Ini memiliki tulang punggung metal yang solid dan mesin hang ditangguhkan dari ini. Ini adalah bingkai sederhana dan murah dengan tampilan yang berbeda namun desain lain lebih baik dalam hal kekuatan dan kekakuan.

Perimeter Frame ini berasal pada sepeda motor balap. Kepala kemudi dan swingarm bergabung pada jarak yang sangat pendek mengurangi lentur dan torsi substansial. Mereka awalnya terbuat dari baja namun sebagian besar terbuat dari aluminium saat ini untuk menghemat berat. Setelah keuntungan dari frame ini terlihat mereka diadopsi oleh produsen sepeda motor paling banyak.

Monocoque lain bingkai khusus yang bahkan lebih langka daripada tulang punggung. Mereka sangat berat dan kaku menggabungkan pemasangan jok tangki dan ekor menjadi bagian kokoh tunggal logam. Mereka digunakan hampir secara eksklusif pada sepeda kompetisi khusus dan bukan merupakan pilihan yang baik untuk sepeda jalan.

Teralis produsen Eropa datang dengan desain ini meskipun penangkapan di AS juga. Ia menggunakan banyak prinsip konstruksi yang sama sebagai kerangka perimeter dan cocok dalam kekakuan dan berat. Tampilan yang berbeda yang dibentuk oleh teralis tabung pendek yang membentuk tubuh dari frame. Hal ini membutuhkan lebih banyak usaha untuk memproduksi dari perimeter tapi hasilnya sangat kuat.

Salah satu keputusan awal untuk membuat adalah yang frame ini sepeda motor yang tepat untuk sepeda Anda. Banyak keputusan-keputusan Anda yang lain akan tergantung pada jenis frame yang Anda pilih sehingga mempertimbangkan pilihan dan memilih dengan bijak.